Anggota DPRD Luwu Timur Bergabung dalam Pawai Ogoh-ogoh di Tomoni Timur

JURNAL LUTIM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu Timur, I Made Sariana, dan Sekretaris DPRD, Aswan Aziz, turut meramaikan Pawai Ogoh-ogoh yang digelar di Lapangan Sepakbola Kecamatan Tomoni Timur pada Minggu (10/3/2024).

Pawai tersebut dihadiri juga oleh Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Budiman dan Mochammad Akbar Andi Leluasa.

Acara Pawai Ogoh-ogoh ini merupakan bagian dari perayaan Hari Raya Nyepi atau Tahun Baru Saka 1946. Tradisi ini merupakan bagian dari budaya umat Hindu di Luwu Timur yang sarat dengan makna dan filosofi spiritual.

I Made Sariana dan Aswan Aziz menunjukkan antusiasme mereka dalam mengikuti pawai tersebut. Menurut mereka, kegiatan ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan budaya dan nilai-nilai spiritual umat Hindu.

Pawai Ogoh-ogoh merupakan kelanjutan dari upacara Tawur Agung Kesanga, sebuah ritual yang bertujuan untuk menciptakan keseimbangan dan harmoni dalam alam semesta.

Ogoh-ogoh yang ditampilkan dalam pawai ini merupakan simbol dari perilaku buruk manusia yang akan dimusnahkan, sebagai bagian dari upaya mensucikan diri umat Hindu menjelang Hari Raya Nyepi. (*)

Komentar

Baca Juga