Fraksi PDIP DPRD Luwu Timur Apresiasi Capaian Pemerintah dalam LKPJ Tahun 2023 dan Ranperda Kabupaten Layak Anak

JURNAL LUTIM – Juru Bicara Fraksi PDIP DPRD Luwu Timur, Obert Datte, mengapresiasi capaian pemerintah di bawah kepemimpinan Bupati H. Budiman, menyebutnya sebagai pencapaian yang sangat berhasil dan luar biasa. Meskipun demikian, Fraksi PDIP menegaskan akan terus mengawal jalannya roda pemerintahan yang sedang berjalan.

Pernyataan ini disampaikan saat Obert Datte menyampaikan Pemandangan Umum Fraksi PDIP dalam rapat Paripurna DPRD Luwu Timur yang membahas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Luwu Timur Tahun 2023 dan Ranperda Tentang Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak, pada Selasa (16/04/2024).

Fraksi PDIP mengungkapkan beberapa poin terkait Ranperda Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak:

  1. Kluster tentang perlindungan khusus anak, dimana Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) menjadi mekanisme utama dalam perlindungan anak di tingkat masyarakat.
  2. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki kewenangan gugus tugas harus bertanggung jawab, khususnya Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) sebagai leading sektor.
  3. Kabupaten Layak Anak (KLA) harus lebih dari sekadar formalitas administratif, melainkan merupakan komitmen nyata daerah dalam memenuhi hak dan melindungi anak-anak.
  4. Pentingnya adanya Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur secara teknis terkait mekanisme Perlindungan Anak, seperti yang diinisiasi oleh Dinas Berbasis Masyarakat seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Dinas Sosial.

Obert Datte menutup pernyataannya dengan menyampaikan harapannya agar semua langkah yang diambil dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Luwu Timur, khususnya dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak-anak. (*)

Komentar

Baca Juga