Ketua DPRD Luwu Timur Aripin: Musrenbang Kunci Perencanaan Pembangunan Daerah

JURNAL LUTIM– Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin, menegaskan pentingnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam menyusun rencana pembangunan wilayah, termasuk menentukan anggaran dan kegiatan untuk tahun berikutnya. Hal ini disampaikan Aripin saat menghadiri Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) di Ballroom Hotel I Lagaligo, Malili.

“Tujuan Musrenbang adalah mengakomodasi aspirasi dan kebutuhan masyarakat ke dalam proses perencanaan tahun berikutnya yang dilakukan oleh pemerintah Luwu Timur. Kegiatan ini membahas isu strategis, proses yang telah berjalan, serta capaian target dan sasaran dari Pemerintah Kabupaten Luwu Timur,” ujar Aripin.

Aripin menambahkan bahwa Musrenbang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. “Musrenbang adalah forum antarpelaku untuk menyusun rencana pembangunan nasional dan daerah. Pasal 11 UU tersebut menyebutkan bahwa Musrenbang diselenggarakan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP),” jelasnya.

Aripin menjelaskan bahwa kegiatan Musrenbang terbagi menjadi tiga bagian utama:

  1. Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang: Dilaksanakan paling lambat satu tahun sebelum berakhirnya periode RPJP yang sedang berjalan.
  2. Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Menengah: Dilaksanakan paling lambat dua bulan setelah presiden atau kepala daerah dilantik.
  3. Musyawarah Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah: Untuk rencana kerja satu tahun, dilaksanakan paling lambat bulan April untuk tingkat nasional dan bulan Maret untuk tingkat daerah.

“Kegiatan ini sangat penting untuk memastikan bahwa perencanaan pembangunan berjalan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Dengan begitu, pembangunan di Luwu Timur dapat terus maju dan memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh warga,” pungkas Aripin.

Acara Musrenbang di Malili dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, pejabat daerah, dan perwakilan dari berbagai sektor, yang bersama-sama berkomitmen untuk menyusun rencana pembangunan yang holistik dan berkelanjutan bagi Kabupaten Luwu Timur. (*)

Komentar

Baca Juga