“Memperkaya Kearifan Lokal: Empat Anggota DPRD Lutim Hadiri Road Show Kebudayaan Di Wotu”

–JURNALSULSEL.COM LUTIM–Hanya roadshow Kebudayaan di Kecamatan Wotu yang di hadiri Empat Anggota DPRD Luwu Timur. Ini menandakan kegiatan kebudayaan di Wotu sangat sepesial.

Empat anggota dewan aktif tersebut adalah, Sarkawi A Hamid, Badawi Alwi, Alfian Alwi dan Wahidin Wahid.

Mereka semua kompak mengenakan busana adat dan duduk bersama para sesepuh adat di Wotu. Diantara mereka berempat ini hanya Wahiddin Wahid yang terlibat langsung dalam prosesi pemberian gelar adat dari Kemacoaan adat 17 Wotu  Ale Luwu.

Wahiddin Wahid juga bertindak sebagai penjaga keamanan para tamu pembesar kemacoaan. Dan ketika penganugerahan gelar ingin diberikan kepada Bupati Luwu Timur, Wahiddin bertindak mengawal Bupati dalam proses pemberian gelar tersebut.

Menurut Wahiddin Wahid, roadshow budaya di Kecamatan Wotu bukan hanya acara seremonial budaya belaka. Pertujukkan budaya yang dipersembahkan adalah edukasi buat generasi muda saat ini.

Tujuanya agar generasi Luwu Timur mengetahui identitasnya dan yang paling utama generasi kita tidak kehilangan identitas meski diterpa hegemoni teknologi yang mengikis budaya dan kearifan lokal.

” Saya hadir diacara ini sebagai bentuk dukungan kita kepada pemerintah, bahwa pelestarian budaya itu sangat penting, selain itu khusus generasi muda di Wotu mereka akan mengenal begitu beragamnya kebudayaan di Wotu, dan harus dipertahankan keberadaannya. ” Tutup Wahiddin Wahid.

(*)

Komentar

Baca Juga