Honorer Siap-siap Jadi ASN, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas: Solusi Akan Ditemukan

JURNAL – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengimbau para honorer untuk tidak merasa cemas, karena pemerintah berkomitmen untuk mencari solusi terkait pengangkatan mereka sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Pernyataan ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PANRB Tahun 2024 di Jakarta pada hari Selasa (27/2).

Anas menegaskan bahwa pemerintah memahami kegelisahan para honorer yang telah lama mengabdi namun belum mendapatkan kepastian status. Dia menjamin bahwa pemerintah tidak akan membiarkan masalah ini terkatung-katung dan akan berusaha mencari solusi terbaik untuk semua pihak.

“Pemerintah tidak akan tinggal diam, kita akan mencari solusi. Saya minta teman-teman honorer tidak perlu khawatir,” ujar Anas.

Menurut Anas, pemerintah sedang mempertimbangkan beberapa opsi untuk menyelesaikan permasalahan honorer. Opsi tersebut antara lain adalah pengangkatan honorer menjadi ASN melalui jalur khusus, pemberian insentif atau penghargaan kepada honorer, serta pemetaan kebutuhan ASN di seluruh instansi pemerintah.

Anas menambahkan bahwa pemerintah akan segera mengambil keputusan terkait solusi untuk para honorer setelah kajian selesai dilakukan. Dia berharap agar para honorer tetap bersabar dan terus bekerja dengan baik.

Tanggapan dari Perwakilan Honorer yang hadir dalam Rakornas PANRB pun cukup positif. Mereka menyambut baik pernyataan Menteri Anas dan berharap agar pemerintah segera mengambil langkah tegas serta memberikan kepastian status kepada para honorer.

“Kami sudah menantikan kepastian ini dalam waktu yang cukup lama, semoga pemerintah segera mengambil langkah yang tepat,” ujar salah satu perwakilan honorer dikutip dari CNBC Indonesia. (*)

Komentar

Baca Juga