oleh

Bupati : Saya Harap Lokakarya Perhipta Lahirkan Program Bermanfaat Bagi Masyarakat

JURNALSULSEL.COM, LUWU TIMUR—Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka acara Lokakarya Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Luwu Timur Tahun 2022 yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Kecamatan Mangkutana, Selasa (15/03/22).

Kegiatan yang bertemakan “Memantapkan Peran Perhiptani Dalam Pencapaian Target Visi, Misi dan Program Strategis Bidang Pertanian Tahun 2021-2026”, bertujuan untuk mendukung program pemerintah dan kegiatan masyarakat dalam mewujudkan sistem pertanian yang kuat dan modern.

Adapun peserta Lokakarya tersebut berjumlah 196 orang dengan rincian undangan 45 orang, penyuluh pertanian 141 orang (130 orang penyuluh PNS aktif, 4 orang PPPK, 10 orang upah jasa dan purnabakti 7 orang).

Budiman berharap Perhiptani ini melahirkan program melalui Lokakarya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Peran penyuluh pertanian sangat menentukan keberhasilan pembangunan pertanian.

Bupati menilai, peran penyuluh pertanian dapat dikatakan sebagai garda terdepan untuk mendampingi dan memberikan ruang kepada petani untuk berkonsultasi mengenai masalah yang sering dialami saat produksi.

“Selaku pemerintah daerah, saya sangat mendukung terlaksananya kegiatan Lokakarya Perhiptani dalam merumuskan dan menghasilkan rekomendasi, saran kepada Pemda terkait penyelenggaraan penyuluhan pertanian dalam mengawal dan mendampingi program Pemda dalam upaya pembangunan sektor pertanian,” ucap Budiman.

Terakhir, orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu Timur tersebut mengharapkan agar para penyuluh pertanian aktif membangun komunikasi dan koordinasi yang baik, serta meningkatkan wawasan, kreativitas, motivasi, dan profesionalisme dalam bekerja mendampingi masyarakat petani.

“Upaya mewujudkan pembangunan pertanian tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi kita semua. Mari kita bersinergi untuk mengembangkan sektor pertanian sehingga membawa dampak yang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Luwu Timur,” tandas Budiman.

Turut hadir Anggota DPRD Luwu Timur, I Made Sariana, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Aini Endis Anrika, Kepala Dinas Pertanian, Amiruddin, Kepala Disdagkoprinum, Senfry Oktavianus, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Alimuddin Nasir, Camat Mangkutana, Sri Mulyani, Kabag Prokopim, Rizky Alamsyah, perwakilan OPD, kepala desa, dan para pengurus penyuluh pertanian.

(hms/yu/ikp)

Komentar

Baca Juga