Tingkatkan Daya Saing, Pegiat Digital Content Entrepreneur Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Berbagai kebijakan telah diterapkan untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

“Pemerintah telah memberikan dukungan lebih bagi UMKM, seperti pemberian akses kepada modal usaha, pelatihan, dan pembinaan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM.” Ujar Muhammad Ridwan, Pegiat Digital Content Entrepreneur.

Selain itu, perkembangan teknologi juga turut memengaruhi perkembangan UMKM di Indonesia, membantu mereka memperluas pasar melalui penjualan online, meningkatkan efisiensi operasional dengan sistem digital, dan mengakses informasi serta peluang bisnis dengan lebih mudah.

“Meskipun masih dihadapkan dengan berbagai tantangan, seperti akses modal yang terbatas, persaingan yang semakin ketat, dan perubahan regulasi, UMKM terus tumbuh dan berkembang di Indonesia dengan dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga keuangan, dan komunitas bisnis.” Tambah Ridwan.

Agar UMKM Indonesia bisa bersaing di tingkat internasional, menurut Ridwan ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan sebagai langkah inisiatif.

“Menurut saya agar UMKM dapat naik kelas ada beberapa upaya yang perlu dilakukan seperti peningkatan kualitas, pemanfaatan teknologi, sertifikasi dan standardisasi, serta upaya bangun kolaborasi” ujar Ridwan

UMKM perlu fokus pada meningkatkan kualitas produk dan layanan agar dapat bersaing secara global. Hal ini meliputi inovasi produk, desain yang menarik, dan pelayanan yang berkualitas.

UMKM harus memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar melalui online platform, dan meningkatkan visibilitas secara global. Selain itu, UMKM perlu memperoleh sertifikasi produk dan proses yang diakui secara internasional untuk meningkatkan kepercayaan konsumen global terhadap produk Indonesia.

Dalam mengembangkan jaringan dengan UMKM lain, pemasok, dan pembeli di tingkat global dapat membantu UMKM Indonesia untuk memasuki pasar internasional dengan lebih mudah. Perlu dilakukan pelatihan dan pembinaan terkait manajemen bisnis dan keuangan sangat penting untuk meningkatkan kemampuan manajerial UMKM dalam mengelola bisnis secara efektif.

Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan UMKM Indonesia dapat bersaing di tingkat internasional dan terus berkembang menjadi pemain global yang bertahan dan unggul. (*/dirman)

Komentar

Baca Juga