oleh

Covid19 Meningkat, Jadwal Pilkades Serentak Luwu Timur Memungkinkan Berubah

JURNALSULSEL.COM, LUWU TIMUR—Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Luwu Timur 2021, diagendakan pada November mendatang. Namun jadwal pilkades ini masih mungkin berubah, tergantung situasi pandemi Covid-19.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Luwu Timur, Halsen. Menurutnya, tahapan Pilkades Serentak sejauh ini yang tidak menyebabkan kerumunan tetap berjalan.

“Jadi pilkades serentak kita rencanakan digelar pada November 2021,” kata Halsen kepada wartawan di DPRD Luwu Timur, Senin (16/8/2021) siang.

Halsen mengatakan jadwal yang diincar pada November ini bisa saja berubah. Sebab pelaksanaan pilkades tetap harus melihat kondisi apakah Covid-19 di Luwu Timur memburuk atau tidak.

“Kalau kondisinya tidak memungkinkan, maka kami undur dulu,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI sudah mengeluarkan surat nomor 141/4251/SJ tertanggal 9 Agustus 2021.

Surat tentang penundaan pelaksanaan Pilkades serentak dan pemilihan antar waktu (PAW) pada masa pandemi Covid-19.

Halsen mengatakan surat tersebut berlaku hanya dua bulan sejak sudah ditetapkan atau berakhir pada Oktober.

“Mudah-mudahan Bulan November sudah bisa digelar,” ujarnya.

Sekadar diketahui, ada 62 desa yang tersebar di 11 kecamatan di Luwu Timur yang akan menggelar pilkades serentak November nanti.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur menyiapkan Rp 4 miliar lebih untuk anggaran pelaksanaan pilkades serentak 2021.

“Jadi anggaran yang disiapkan untuk pelaksanaan pilkades Rp 4 miliar lebih,” kata Kasi Penataan Desa, Dinas DPMD Luwu Timur, Wayan Sudino.

(int)

Komentar

Baca Juga