oleh

Tarwih Keliling di Kalaena, Budiman Paparkan Program Prioritas Pemkab Luwu Timur

JURNALSULSEL.COM, LUWU TIMUR—Hari ketujuh kegiatan tarwih keliling yang bertepatan dengan malam ke 21 ramadhan 1443 Hijriah Pemerintah Kabupaten Luwu Timur berlangsung di Masjid Besar Al Muttaqin Desa Kalaena Kiri, Kecamatan Kalaena, Jum’at (22/04/22).

Sebelum sholat Tarwih Bersama, Bupati H. Budiman dalam sambutannya kembali memaparkan sejumlah program prioritas pembangunan yang saat ini tengah berjalan diantaranya program 1 miliar 1 desa dan 1 kamar satu pasien.

Menurut Bupati, Program diluar dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang tidak ada duanya di Sulawesi Selatan ini dapat digunakan untuk keperluan infrastruktur desa dan pemberdayaan masyarakat.

“Tahun ini hampir seluruh program sudah mulai berjalan, seperti 1 miliar 1 desa yang mulai pencairan, dan disitu kita titip program 1 hafidz 1 desa, Luwu Timur terang, dan insentif petugas keagamaan,” tutur Budiman.

Untuk program 1 hafidz 1 desa ini, kata Bupati, ditargetkan setiap 1 tahun minimal satu desa memiliki satu penghafal Al-Quran.

Tak hanya itu, pada bidang pendidikan Bupati juga menyampaikan kembali akan melanjutkan program pendidikan gratis yakni dengan memberikan beasiswa kepada putra-putri Luwu Timur yang berprestasi dan kurang mampu bagi yang ingin berkuliah di perguruan tinggi.

Program selanjutnya di bidang kesehatan, yakni Program 1 kamar 1 pasien, program ini akan segera direalisasikan menyusul telah rampungnya pembangunan gedung ruang rawat inap satu kamar satu pasien dan gedung ruang operasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) I Lagaligo Wotu.

“Saya berharap dengan program ini dapat memberikan rasa nyaman bagi pasien maupun keluarga pasien selama berada di RSUD I La Galigo,” ujar orang nomor satu di Bumi Batara Guru ini.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa tahun ini Pembangunan Islamic Centre akan dimulai, anggaran ditahap awal menelan sekitar 15 Miliar dan lokasinya tepat berada di Eks Terminal Malili.

“Saya berani berbicara begini karena anggarannya sudah ada, pemenang tendernya sudah ada dan tahun ini peletakan batu pertama siap untuk dilaksanakan, Mohon minta didoakan agar Islamic Center ini segera terealisasi,” ujar H. Budiman.

Menurut H. Budiman, dengan adanya bangunan Islamic Center maka nantinya, Kabupaten Luwu Timur akan memiliki icon baru daerah. Dimana disekitar gedungnnya juga akan dibangun pula beberapa kantor sekretariat seperti kantor Baznas, BKPRMI, dan beberapa lembaga lainnya. Selain itu, Islamic Center juga nantinya akan dijadikan pusat pembinaan dan pengembangan agama Islam.

Pada kesempatan ini juga, Bupati Luwu Timur menjanjikan akan memberikan bantuan dana hibah melalui dana APBD 2023 untuk kelangsungan pembangunan Masjid Al Muttaqin Desa Kalaena Kiri.

“Saya berharap dengan bantuan yang diberikan nantinya dapat mempercepat pembangunan masjid yang kini masih dalam tahap pengerjaan,” Tandas Bupati .

Turut mendampingi Bupati diantaranya; Kajari Luwu Timur, Muh. Zubair, Anggota DPRD, Rully Heriawan, Sekda Luwu Timur, H. Bahri Suli, Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

(hms/ikp)

Komentar

Baca Juga