oleh

Survei LSI Denny JA : Elektabilitas Capres Masih dibawah 25%, Pilpres 2024 Akan ditentukan 3 Queen/King Maker ini

JURNALSULSEL.COM, JAKARTA—Ramai diperbincangkan tentang siapa presiden tahun 2024. Belakangan ini Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA Melakukan survei.

Wacana yang ramai diperbincangkan masyarakat itu langsung direspon Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (LSI) dengan melakukan survei.

Hasilnya belum ada capres premium dengan kategori elektabilitas mencapai 25% dan yang ada 3 king/queen maker dalam pilpres 2024 mendatang.

Pada survei yang dilakukan LSI Denny JA 27 mei hingga 4 Juni 2021 semua elektabilitas capres dibawah 25% dengan simulasi 9 nama-nama capres.

Diperingkat pertama, Sebanyak 23,5 % responden memilih prabowo subianto, ke dua ditempati Ganjar Pranowo sebanyak 15,5 %, diposisi ke tiga Anies Baswedan 13,8 % sedangkan Puan Maharani menempati posisi ke tujuh sebanyak 2 % dan Sandiaga Uno di urutan ke empat 7,6 % selebihnya dibawah 2 %.

“Hasil survei yang dilakukan menunjukkan bahwa belum ada capres premium, elektabilitas calon presiden (capres) masih dibawah 25 % belum ada yang mencapai 25 %.” kata peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, dalam rilisan hasil survei secara virtual, Kamis (17/6/21).

Survei LSI Denny JA dilakukan secara tatap muka menggunakan quesioner, dengan melibatkan 1200 responden di 34 Provinsi di Indonesia. Populasi survei dipilih dengan multistage random sampling.

Margin of error 2,9 % dengan tingkat kepercayaan 95 %. 26.5% dari 1.200 responden yang terlibat belum menentukan pilihan.

“Selain survei, LSI Denny JA juga menggunakan riset kualitatif (analisis media dan indepth interview), untuk memperkuat temuan dan analisa,” ujar Adjie Alfaraby.

Lanjut Adjie bahwa queen/king maker pilpres 2024 dikantongi 3 nama yaitu Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto, ke 3 nama tersebut merupakan ketua DPP partai yang telah mengantongi 3/4 tiket capres/cawapres.

Ketua DPP partai PDIP, Megawati telah mengantongi 1 tiket untuk capres/cawapres penuh sedangkan Prabowo Subianto dari partai gerindra dan Airlangga Hartarto dari partai Golkar baru mengantongi 3/4 tiket capres/cawapres.

Pasalnya untuk bisa mengantongi 1 tiket penuh pada pencapresan/cawapres yaitu dengan memenuhi Syarat 20% kursi atau 25% suara DPR RI dan hanya partai PDIP yang memenuhi syarat itu.

Diketahui hasil pileg dan pilpres sebelumnya Partai PDIP 128 kursi, jumlah suara 19,33%, Partai Golkar 85 kursi, jumlah suara 12,31%, Partai Gerindra 78 kursi, jumlah suara 12,57%. Sehingga Partai PDIP tanpa koalisi bisa mengusung capres/cawapres pilpres mendatang.

(Int)

Komentar

Baca Juga