oleh

Satri Perkenalkan Perpustakaan Digital “ELFAN Bookless Library System”

JURNALSULSEL.COM, LUWU TIMUR—Perpustakaan adalah salah satu sumber penyedia informasi yang sangat vital, menentukan maju mundurnya dunia keilmuan dan pendidikan. Keberadaan perpustakaan dan budaya suka membaca/meneliti menjadi parameter maju mundurnya masyarakat, bahkan bangsa dan negara.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan melihat begitu urgentnya perpustakaan, maka dunia pustaka selalu update bersama perkembangan teknologi. Digital Library (e-library, virtual library) adalah teknologi kepustakaan yang populer dalam dekade terakhir ini, yaitu suatu perpustakaan yang menyimpan data, baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan bisa diakses oleh user dari berbagai jenis gadget via protokol elektronik jaringan komputer lokal ataupun global.

ELFAN Bookless Library System adalah teknologi kepustakaan terbaru yang dikembangkan oleh AlWustho Technologies sejak tahun 2015. Teknologi ini merupakan hasil riset lanjutan dari pengembangan Perpustakaan Digital AlKubro versi personal yang dibangun sejak tahun 2005.

Bookless Library System adalah Perpustakaan Digital yang dibangun dari awal dengan konsep tanpa koleksi buku cetak / fisik, tanpa rak dan gedung khusus (paperless). Semua koleksi buku dalam bentuk digital seperti ebook, e-jurnal dan sejenisnya. Untuk membaca buku bisa diakses dengan gadget (Laptop, Tablet dan Smartphone) dalam jaringan hotspot intranet (tanpa koneksi data internet) via scan QR Code ataupun Browser.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Satri mengatakan bahwa saat ini pemustaka di Luwu Timur juga sudah bisa mengakses Elfan Bookless Library tersebut karena pemerintah provinsi telah memberikan bantuan berupa server dan sebuah komputer untuk bisa mengakses laman tersebut.

“Jadi semua konten bisa diakses dengan smartphone, Tablet, dan PC/Laptop dalam jaringan hotspot tanpa internet via QR CODE ataupun BROWSER,” kata Satri, Senin (21/02/22).

Satri menjelaskan, untuk caranya sangat mudah, ada 2 cara yang bisa digunakan, cara pertama yakni menggunakan Aplikasi Browser di laptop, pertama-tama harus terhubung ke jaringan wifi “BOOKLESS LIBRARY”, setelah itu langsung buka aplikasi browser anda dan mengetikkan alamat bookles.id, setelah muncul tampilan Bookless Library, silahkan pilih icon e-book, selamat membaca.

“Cara kedua yakni menggunakan smartphone, dengan mengunduh aplikasi Bookless Library di Playstore menggunakan kata kunci “Scan Elfan”, setelah terdownload, hubungkan smartphone anda ke wifi “BOOKLESS LIBRARY” baru buka aplikasi Scan Elfan yang telah didownload tadi, jika sudah terbuka, arahkan smatphone pada barcode di samping buku yang akan dibaca, silahkan membaca,” jelas Satri.

Mantan Camat Burau ini juga mengungkapkan bahwa, karena servernya berada di Dinas Perpustakaan, jadi bagi masyarakat atau siapa saja yang ingin mengakses dan membaca buku di web tersebut, bisa datang langsung di Gedung Perpustakaan yang ada di Bundaran Batara Guru Malili. “Mari ki’ ke perpustakaan,” ajak Satri.

(hms/yu/ikp)

Komentar

Baca Juga