Prestasi Membanggakan! Kota Palopo Raih Opini WTP 8 Tahun Berturut-turut, DPRD Apresiasi Kinerja Pemkot

JURNAL PALOPO – Kota Palopo kembali menorehkan prestasi gemilang di bidang pengelolaan keuangan daerah. Terbaru, Pemkot Palopo berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan untuk kedelapan kalinya berturut-turut. Prestasi ini menjadi bukti komitmen dan kerja keras Pemkot Palopo dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan, akuntabel, dan efektif.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kota Palopo Tahun Anggaran 2023 dilaksanakan di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (21 Mei 2024). Penyerahan LHP ini disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Kota Palopo, Dr. Hj. Nurhaenih.

Dalam sambutannya, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Amin Adab Bangun, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkot Palopo atas konsistensi dalam meraih opini WTP selama 8 tahun berturut-turut. “Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan patut dibanggakan,” ujar Amin.

Lebih lanjut, Amin menjelaskan bahwa opini WTP ini menunjukkan bahwa laporan keuangan Pemkot Palopo telah disusun dengan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum. “Artinya, pengelolaan keuangan di Kota Palopo telah dilakukan secara transparan, akuntabel, dan efektif,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Palopo, Dr. Hj. Nurhaenih, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas prestasi yang diraih Pemkot Palopo. “Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi yang solid antara Pemkot Palopo dan DPRD Kota Palopo,” ungkap Nurhaenih.

Nurhaenih juga menyampaikan apresiasi kepada BPK atas arahan dan bimbingannya selama ini. “BPK telah menjadi mitra strategis bagi Pemkot Palopo dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang berkualitas,” tuturnya.

Pencapaian opini WTP ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Pemkot Palopo untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Semoga kedepannya, Kota Palopo dapat meraih prestasi yang lebih gemilang lagi,” pungkas Nurhaenih.

Apresiasi dari Berbagai Pihak

Prestasi gemilang Kota Palopo dalam meraih opini WTP 8 tahun berturut-turut ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari Ketua DPRD Pinrang, Ketua DPRD Bantaeng, dan Ketua DPRD Bulukumba yang turut hadir dalam acara penyerahan LHP.

Para ketua DPRD tersebut menyampaikan rasa bangga atas prestasi Kota Palopo dan berharap dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Sulawesi Selatan. (*)

Komentar

Baca Juga