Peringati Hari Hipertensi Sedunia, RSUD I Lagaligo Lakukan Pengukuran Tekanan Darah Bagi Pengunjung

JURNALSULSEL.COM, LUWU TIMUR–Dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia Tanggal 17 Mei 2023, RSUD I Lagaligo Luwu Timur melakukan kegiatan Pengukuran Tekanan Darah bagi pengunjung Rumah sakit, yang berlangsung di Ruang Tunggu Loket Pendaftaran RSUD I Lagaligo, Rabu (17/05/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh SMF Interna RSUD I Lagaligo, Pernefri (Perhimpunan Nefrologi Indonesia), dan Tim Unit Dialisis RSUD I Lagaligo. Dimana Penanggung jawab unit dialisis adalah dr. H. Nasrum M, Sp.PD-KGH, FINASM, yang diwakili oleh dr. Anastasia Panggelo, Sp. PD.

dr. Anastasia Panggelo, Sp.PD, mengatakan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Hipertensi Sedunia tahun 2023 dengan tema “Ukur Tekanan Darah Anda Secara Akurat, Kendalikan Hidup Lebih Lama”.

Sasarannya, kata dia, meliputi pengunjung rumah sakit baik pasien maupun keluarga pasien oleh perawat berkompeten dan konsultasi terkait hipertensi bersama dokter.

“Hipertensi sendiri adalah adanya kondisi peningkatan tekanan darah dimana didapatkan tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan/atau tekanan darah diastolic ≥ 90 mmHg pada pengukuran di klinik atau fasilitas layanan kesehatan,“ jelas dr. Anastasia Panggelo, Sp.PD.

Menurut dr. Anastasia Panggelo, tips yang harus dilakukan untuk mengontrol tekanan darah yaitu mengubah lifestyle dengan mengurangi konsumsi garam, menjaga berat badan ideal, berhenti merokok, olahraga teratur, mengatur diet seimbang dengan memperbanyak asupan sayuran dan buah, konsumsi obat anti hipertensi secara teratur, cukup tidur, manajemen waktu untuk menghilangkan stres, aktif pada kegiatan sosial, rutin melakukan relaksasi, mengelola stress dengan baik, dan kontrol rutin ke dokter.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat antusiasi dari pengunjung, terbukti dari hasil registrasi, sebanyak 158 orang pengunjung mendapat pelayanan, baik yang melakukan pemeriksaan tekanan darah maupun konsultasi yang dibuka mulai pukul : 08.30 Wita–selesai.

(ikp-humas/kominfo-sp)

Komentar

Baca Juga