oleh

Pemkab Lutim Gelar Pertemuan Koordinasi Pelayanan Kesehatan Anak Usia Sekolah

JURNALSULSEL.COM, LUWU TIMUR—Pemerintatah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Kesehatan menggelar Pertemuan Koordinasi Pelayanan Kesehatan Anak Usia Sekolah Lintas Sektor di Masa Pandemi tingkat Kabupaten Luwu Timur, di Hotel I Lagaligo, Kecamatan Malili, Selasa (22/03/22).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi, serta memaksimalkan pelayanan di sekolah, dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan Setdakab Luwu Timur, dr. H. April.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur, dr. Rosmini Pandin dengan menghadirkan narasumber dari Biro Kesra Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Adnan Nawawi, M.Si didampingi Fitriani, S.Km dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, dr. H. April yang mewakili Bupati Luwu Timur mengatakan, pandemi di Luwu Timur ini sudah hampir memasuki 2 tahun, meskipun ditahun 2020 angka kematian, kesakitan dan penularan tinggi, namun syukur alhamdulillah ditahun 2022 ini semuanya telah menurun, apalagi itu semua berkat adanya vaksinasi massal sehingga masyarakat kita dapat terlindungi dengan baik.

Dalam pelaksanaannya, lanjut H. April, vaksinasi khususnya bagi anak sekolah ditahun ini sebagai upaya bersama dalam meningkatkan dan melindungi anak sekolah dari pandemi ini khususnya anak usia 6-12 tahun.

“Terkait dengan vaksin ini, skrining kesehatan, mulai anak SD sampai lansia sebaiknya dilakukan tensi. Dulu sebelum ada pandemi, anak jarang sekali ditensi, jadi sekarang karena adanya vaksinasi, jadi seorang anak ditensi dulu sebelum di vaksin supaya anak-anak bisa terhindar dari hipertensi,” ujar April.

Terakhir, diharapkan kolaborasi dalam penanganan masalah upaya kesehatan sekolah dapat dilakukan dengan baik, terutama dalam penguatan pelaksanaan UKS disekolah maupun madrasah. “Harapan kita bersama, lintas sektor bersama dapat memberi kemajuan dalam penanganan covid19 disekolah/madrasah, dimana masyarakat bergotong royong dalam menangani pandemi,” tandas H. April.

Adapun peserta pada kegiatan tersebut berjumlah 35 orang yang terdiri dari pengelola UKS 18 Puskesmas, Tim Pembina tingkat Kecamatan 11 orang dan Lintas Sektor terkait Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

(hms/yu/ikp)

Komentar

Baca Juga