oleh

Pemkab Enrekang Serahkan Alsintan untuk 200 Kelompok Tani

ENREKANG — Pemkab Enrekang menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), kepada 200 kelompok tani. Acara penyerahan digelar di Kawasan Industri Maiwa, Minggu 13 Desember 2020.

Acara itu dihadiri langsung oleh Bupati Enrekang Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd. dan Wakil Bupati Asman SE. Turut hadir Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif S.IP, beserta perwakilan kelompok tani, jajaran OPD terkait dan para undangan.

Dalam sambutannya, Bupati MB mengatakan alsintan yang dibagikan sebanyak 200 unit. Terdiri dari traktor dan mesin pompa air. “Kita berharap alsintan ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara sebaik-baiknya oleh kelompok tani,” kata MB.

Bupati juga berharap, pemerintah pusat lewat kementerian terkait dan provinsi terus menyalurkan bantuan alsintan. Pasalnya masih cukup banyak petani di Enrekang yang belum dapat.

Lebih lanjut, MB mengatakan pengadaan alsintan tidak hanya diprogramkan pemerintah daerah, tetapi juga dapat dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa.

“BUMDes juga bisa melakukan pengadaan alsintan yang dibutuhkan, tentu sesuai pedoman dan peraturan,” kata MB.

MB juga menyinggung terkait petani bawang di Bumi Massenrempulu yang makin berkembang dan profesional. Terutama dengan penggunaan light trap atau lampu perangkap untuk mengurangi hama, seperti jenis spodoptera exigua, dan lalat pengorok daun atau Liriomyza.

“Selain jadi destinasi pariwisata dengan lampu-lampu yang indah, penggunaan pestisida dan insektisida juga berkurang. Produk bawang merah Enrekang makin berkualitas dan bisa bersaing di pasar ekspor,” tutup MB. 

(Rls)

Komentar

Baca Juga