oleh

Musrenbang RKPD 2023, Aripin Masih Banyak Permasalahan yang Perlu Dibenahi Bersama-Sama

JURNALSULSEL.COM, LUWU TIMUR—Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten luwu Timur tahun 2023, bertempat di Gedung Wanita Simpurusiang, Kamis (17/03/22).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu Timur, Aripin mengatakan bahwa, berdasarkan hasil pelaksanaan Reses, rapat-rapat maupun kunjungan ke lapangan anggota DPRD masih banyak permasalahan yang perlu dibenahi bersama-sama.

“Penyusunan RKPD oleh Bapelitbangda harus melakukan iventarisasi program dan kegiatan yang diusulkan oleh DPRD sehingga dapat terakomodir dalam penganggaran pada APBD tentunya dengan memperhatikan skala prioritas masing-masing usulan Pokok-pokok pikiran DPRD,” kata Aripin.

Aripin menambahkan, berbagai isu strategis serta sektor-sektor yang perlu mendapatkan prioritas dan perhatian untuk menyusun RKPD Tahun 2023 antara lain; pendidikan dan kesehatan, pelayanan publik, peningkatan pendapatan daerah, pemulihan ekonomi, penanganan bencana alam dan pembangunan yang azas manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Melalui kebijakan dan program secara terencana, sinergis dan berkelanjutan agar dapat menghasilkan program-program yang dapat memberikan manfaat terbaik bagi kemajuan daerah dalam meningkatkan kesejahtraan masyarakat Kabupaten Luwu Timur,” pungkas Aripin.

Sementara itu Bupati Luwu timur “mengatakan optimis terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional ke depan akan berdampak positif terhadap perekonomian daerah”, Katanya.
Menurut Bupati, upaya pemerataan percepatan akselerasi pembangunan perdesaan dalam rangka menyeimbangkan pertumbuhan dan perekonomian wilayah melalui pembangunan dan peningkatan infrastruktur perdesaan, percepatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat, serta mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan bantuan keuangan khusus kepada desa, artinya semua desa telah tersentuh oleh program pemerintah daerah dan kita berharap dengan pembinaan dan pengawasan yang baik, program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Budiman.

Kegiatan Musrenbang ini diikuti para asisten, staf ahli, Kepala OPD Lingkup Kabupaten Lutim, Camat se-Kabupaten Lutim, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Lutim, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan Pimpinan Lembaga Masyarakat dan Insan Pers.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemaparan oleh narasumber masing-masing ; Kepala Bapelitbangda Luwu Timur, Dohri Asari, Tentang arah kebijakan pembangunan Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Ramadan Pirade yang menyampaikan tentang Pengelolaan keuangan daerah yang meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah dan Kepala BPS Kabupaten Luwu Timur, Muhlis, yang memaparkan tentang Indikator Makro ekonomi Kabupaten Luwu Timur Tahun 2021.

(yu)

Komentar

Baca Juga