Masmindo Gelar Kuliah Umum K3 di UNISMUH

PALOPO, LAYARNEWS.ID  – Pada Selasa 14 Februari 2023 kemarin, PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) kembali melanjutkan kegiatan kuliah umum bagi pihak kampus setempat.

Kali ini kuliah diberikan di Kampus Universitas Muhammadiyah Palopo, dan diselenggarakan di Muhammadiyah Convention Center.

Agak berbeda dengan kuliah-kuliah umum sebelumnya yang digagas Masmindo, kuliah umum kali ini dihadiri peserta dengan jumlah lebih dari 200 orang yang penuh semangat mengikuti kuliah sejak pk. 09.00 hingga 12.00 WITA. Turut hadir Rektor Universitas Muhammadiyah Dr. Salju S.E., M.M., para wakil rektor, para dekan dan kepala program studi, sejumlah dosen pengajar, serta perwakilan Manajemen dan karyawan Masmindo.

Kuliah Umum K3 ini masih termasuk dalam rangkaian kegiatan di Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional yang juga diperingati Masmindo sejak Januari hingga Februari 2023 ini dengan sejumlah acara. Kegiatan-kegiatan terkait implementasi Budaya K3 dilaksanakan Masmindo, baik di tingkat internal perusahaan maupun yang melibatkan pihak-pihak terkait setempat.

Kuliah mengambil tema nasional Bulan K3 2023 “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Tempat Kerja”. Dalam kegiatan ini, diberikan paparan tentang sejumlah aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) oleh Superintendent Occupational Health & Safety (OHS) / Team Leader Emergency Response Team (ERT) Masmindo Sopian Hadi. Dalam paparannya ditekankan bahwa aspek K3 itu tidak hanya berlaku di lingkungan kerja saja, tapi juga berlaku dan berperan penting dalam semua aspek kehidupan sehari-hari. Kepada semua partisipan terutama ditekankan agar mampu menerapkan kebiasaan yang baik sehingga dapat membentuk Budaya K3 yang baik pula.

Selain materi tentang kesadaran K3, dalam acara kemarin juga diberikan materi “Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support/BLS)” yang dibawakan oleh Paramedik Masmindo Sukarman. Materi dan keterampilan ini sangat berguna sebagai langkah awal penyelamatan saat kondisi darurat terjadi. Peserta juga diajak langsung mempraktekkan keterampilan BLS ini dengan menggunakan alat peraga. Secara umum, kuliah berlangsung cukup interaktif dan kepada para peserta yang aktif juga diberikan cinderamata khas perusahaan.

Dalam sambutannya mewakili Manajemen Masmindo, Manager External Relations Yudhi Purwandi menyampaikan, “Kami sangat berterimakasih diterima dengan sangat baik oleh pihak Kampus Universitas Muhammadiyah Palopo, dan baru kali ini

kuliah umum yang kami fasilitasi diikuti oleh begitu banyak peserta”. Lanjutnya, “Semoga kegiatan ini mengawali hubungan baik antara pihak perusahaan dan pihak kampus. Dan juga sekaligus bisa mendukung bertambahnya wawasan dan pemahaman adik-adik mahasiswa, khususnya tentang gambaran dan tantangan dunia pertambangan dan dunia kerja”.

Rektor Universitas Muhammadiyah Dr. Salju, S.E. M.M. dalam sambutannya menyampaikan, “Dengan Kurikulum Merdeka yang diterapkan sekarang, pihak kampus diharapkan bisa lebih banyak membuka jalinan komunikasinya dengan pihak dunia usaha”. Ditambahkan, “Kami berterimakasih atas inisiatif dan dukungan Masmindo untuk kegiatan kuliah umum ini. Semoga kerjasama dan hubungan baik antara Universitas Muhammadiyah Palopo dan Masmindo ini dapat berlanjut di masa-masa mendatang”.

Kegiatan Kuliah Umum K3 ini masih akan berlanjut dan akan terus dilaksanakan Masmindo untuk sejumlah kampus besar lainnya, khususnya di Palopo. Komunikasi awal dan langkah-langkah koordinasi telah dan terus dilakukan Masmindo dan umumnya ditanggapi dengan sangat positif oleh kampus-kampus ini. (*)

Komentar

Baca Juga