oleh

Ketua Pemuda Muslimin Luwu Menjuarai Lomba Essai KEJARI

LUWU, JURNALSULSEL.COM — Fahrul Rizal, Putra Luwu asal desa cimpu Utara berhasil menjuarai lomba essai yang diadakan oleh Kejari Kab. Luwu. Lomba essai ini adalah dalam rangka memperingati hari bhakti Adhyaksa ke-61 tahun 2021.

Ichal. Sapaan akrabnya berhasil didapuk menjadi juara 1 dengan essai berjudul Kearifan Lokal Luwu dalam menyemai generasi Antikorupsi.

Sebuah tulisan yang mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal Luwu yang ada di dalam kitab sastra terpanjang di dunia yaitu La Galigo.

Dalam tulisannya menjelaskan bahwa generasi anti korupsi harus dimulai dari Bola (rumah) dengan menjiwai 4 dimensi siri’ yaitu Macca, Malempu, Warani na magetteng.

“Wija to Luwu harus mengilhami kearifan lokal itu dengan mendongengkan dan menjelaskan kepada wija to Luwu bahwa sebagai wija to Luwu itu harus mengedepankan nilai macca : Cerdas, Malempu : lurus, tidak suka mengambil yang bukan haknya. Warani : berani mengatakan yang benar adalah benar dan salah adalah salah. Getteng : Tegas. Teguh pendirian dalam menjalani prinsip bahwa korupsi adalah perbuatan terkutuk,” jelas Ichal Saat di hubungi Via WhatsApp.

Terakhir dia menjelaskan bahwa wija to Luwu harus kembali kepada kearifan lokal.

” di masa Kerajaan Luwu jauh dari tindak korupsi karena mengedepankan Siri’. Mereka yang melakukan perbuatan Siri’, melanggar ade’ (adat istiadat/aturan) maka disuruh keluar dari kampung karena jika tidak akan memunculkan “accilakang” kemurkaan,” tulis mantan Ketua HMI-MPO Cabang Palopo Periode 2013-2014 itu.

Diketahui Lomba essai ini melalui beberapa tahapan yakni dengan penjaringan tulisan hingga tanggal 16 Juli 2021. Dilanjutkan dengan presentase 10 essai terbaik pada tanggal 19 Juli 2021 via zoom dan pengumuman juara 21 Juli 2021.

 

(*)

Komentar

Baca Juga