oleh

Ketua DPRD Ingatkan Pemerintah untuk Terus Jaga Inflasi

JURNALSULSEL.COM, LUWU TIMUR—Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin, bersama Bupati Luwu Timur, H. Budiman beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Luwu Timur (Lutim) dalam Rapat “High Level Meeting” oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lutim, di Aula Sasana Praja, Senin (4/4/22).

Dalam kesempatan itu Aripin mengingatkan kepada pemerintah agar terus menjaga pasokan dan permintaan agar inflasi terus terjaga.

“Hal ini perlu dilakukan, agar saat perekonomian pulih, daya beli masyarakat kembali normal dan tidak terjadi tekanan pada harga-harga. Saya minta agar tidak hanya dilakukan pengendalian harga tapi daya beli masyarakat dan produsen juga bisa bergerak,” Kata Ketua DPRD Luwu Timur.

Kendati Pengelolaan inflasi sangat berkaitan dengan upaya menjaga daya beli warga.

“Mengenai soal daya beli ukurannya adalah kesejahteraan, ukurannya peningkatan pendapatan, yang itu tentu karena Luwu Timur yang terus maju bergerak ekonominya. Bahwa sekarang ada pandemi COVID-19, itu menjadi tantangan kita bersama untuk terus bekerja memulihkan ekonomi rakyat,” ujarnya.

Sebelumnya Bupati Budiman mengatakan bahwa, di tingkat daerah berbagai inovasi kebijakan turut berperan besar dalam pengendalian inflasi, diantaranya ketersedian barang dan jasa, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi serta komunikasi yang efektif dalam mengelola persepsi masyarakat terhadap harga-harga pasar.

Oleh karena itu, ia berharap agar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lutim dapat melaksanakan tugas serta memantau perkembangan harga komoditas, terutama harga pangan serta mengevaluasi harga sembako dan tekanan inflasi.

“Keberadaan TPID di daerah itu menjadi jembatan untuk menghubungkan permintaan (demand) dan penawaran (supply) terutama kebijakan terkait produksi dan distribusi barang, yang artinya TPID memiliki peran sebagai penjaga stabilitas harga,” jelas Budiman.

Untuk itu, Bupati meminta agar TPID dapat melakukan monitoring harga bahan pokok di pasar-pasar dalam wilayah Kabupaten Lutim serta memastikan ketersediaan barang dan kelancaran distribusi yang masuk ke Kabupaten Luwu Timur.

(yu)

Komentar

Baca Juga