oleh

Ini Dia Jenis Kura-Kura yang Mudah Di Pelihara

Meski lucu, namun tidak semua jenis kura-kura cocok dijadikan peliharaan. Karena faktor perawatan dan habitatnya. Berikut ini beberapa jenis kura-kura peliharaan yang cukup populer di Indonesia dan mudah dirawat.

Sekarang ini, kura-kura menjadi salah satu reptil yang banyak dipelihara. Tapi tentu saja jenis kura-kura peliharaan tidak sembarangan. Selain faktor harga, kita juga harus memerhatikan kemudahan dalam perawatan kura-kura.

Tak heran jika tempat jual hewan peliharaan reptil seperti kura – kura ini sangat banyak dan mudah didapatkan. Salah satu tempat rekomendasi yang sampai saat ini masih trend adalah exotic market Indonesia.

Namun sebelum anda mulai berbisnis jual kura kura darat dengan pelihara hewan kura-kura, anda haru tahu dulu ada beberapa jenis kura-kura yang bisa dijadikan investasi masa depan.

Nah, dengan kedua pertimbangan di atas, berikut ini jenis kura-kura peliharaan yang populer di Indonesia dan mudah dirawat sendiri di rumah. Cocok banget untuk para pemula.

Kura-kura sulcata

Habibat asli kura-kura darat ini dari Gurun Afrika. Meski begitu, kita tetap bisa memeliharanya di rumah. Karena iklim tropis Indonesia masih cocok untuk dijadikan tempat tinggal kura-kura sulcata.

Alasan kura-kura ini bisa dijadikan peliharaan karena daya tahan tubuhnya yang kuat. Dibandingkan jenis kura-kura lain, sulcata memang memiliki daya tahan yang lebih kuat dan jarang terkena penyakit.

Kura-kura sulcata mampu bertahan hingga usia 150 tahun. Bobotnya bisa mencapai 105 kg. Untuk mengenalinya cukup mudah. Bisa kita lihat dari cangkangnya yang memiliki warna kombinasi antara kuning dan cokelat mencolok.

Beberapa makanan kura-kura sulcata adalah kaktus centong, wortel, pepaya, kangkung, dan pisang. Kemudahan dalam perawatan dan kecantikannya membuat harga kura-kura sulcata dibanderol lebih tinggi dibandingkan beberapa jenis kura-kura peliharaan lainnya.

Kura-kura indian star

Sesuai namanya, kura-kura jenis indian star memiliki habitat asli dari India. Jenis kura-kura ini sangat cocok dipelihara pemula, karena harganya yang cukup ekonomis.

Indian star memiliki corak khas yang mencolok, yakni dominasi warna hitam kecokelatan pada tempurung, serta membentuk pola hampir mirip bintang. Ukurannya yang tidak terlalu besar juga memudahkan perawatan, lho.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merawat kura-kura indian star adalah menjaga kebersihan bagian hidung, mencegah agar tempurung tidak terluka atau tergores, pastikan bagian mata besih dari berbagai kotoran, dan perhatikan cara jalannya, karena indian star yang sehat umumnya berjalan tegap.

Beberapa makanan yang biasanya diberikan untuk jenis kura-kura peliharaan ini adalah bunga kembang sepatu, daun kembang sepatu, okra, selada, dan buah-buahan.

Kura-kura Brazil

Jenis kura-kura peliharaan yang satu ini tentu tidak asing lagi di telinga kita. Yup, di Indonesia kura-kura Brazil atau red ear slider cukup mudah ditemui.

Alasannya, karena kura-kura ini memiliki ukuran relatif kecil, serta dapat beradaptasi di akuarium. Warna tubuh kura-kura Brazil adalah perpaduan hijau dan merah di bagian telinga.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika merawat kura-kura Brazil tergolong sangat sederhana, yakni memastikan agar akuarium tempat tinggalnya terkena sinar matahari, dengan temperatur airnya berkisar 20 derajat celcius.

Jenis makanan kura-kura Brazil juga tidak rumit, yang penting kaya nutrisi. Misalnya daging ayam, telur, wortel, pisang, pepaya, bahkan pellet.

Kura-kura Engolata

Berbeda dengan beberapa jenis kura-kura peliharaan di atas, jenis yang satu ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Panjang tubuh kura-kura engolata bisa mencapai 30 cm, lho.

Sesuai habitat aslinya, kura-kura engolata merupakan salah satu kura-kura tropis yang membutuhkan lingkungan hangat. Sedikit tips saat memilihara kura-kura jenis ini, letakkan engolata pada akuarium dekat jendela. Agar terkena paparan sinar matahari, atau gunakan lampu sebagai penghangat.

Makanan yang cocok untuk kura-kura engolata adalah berbagai jenis sayuran. Namun kita juga bisa memberi daging, telur, atau siput sebagai variasi makanan utama mereka.

Kura-kura leopard tortoise

Seperti namanya, jenis kura-kura peliharaan ini memiliki corak tempurung menyerupai macan tutul. Kura-kura cantik ini berasal dari Afrika yang membuatnya menyukai tempat-tempat hangat dengan paparan sinar matahari.

Kura-kura leopard tortoise perlu perawatan ekstra jika diletakkan di tempat bersuhu dingin dan lembap, karena membuat mereka mudah terkena penyakit.

Komentar

Baca Juga