Hari Pahlawan, Kapolres Luwu Pimpin Upacara Ziarah di TMP Belopa Luwu

LUWU, JURNALSULSEL.COM — Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022, Forkopimda Kabupaten Luwu melaksanakan upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan  (TMP) Belopa, Kec Belopa, Kab.Luwu, Kamis (10/11/2022).

Upacara Ziarah dipimpin oleh Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si. selaku Inspektur Upacara, dan bertindak sebagai Perwira Upacara AKP Yosep Dendang (Kasat Samapta Polres Luwu) serta Komandan Upacara yaitu Ipda Ashari.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Luwu DR. Drs. H. Basmin Mattayanag, M.Pd. beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Luwu lainya. Peserta apel yakni personil TNI-Polri, para Kepala Sekolah, Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Luwu serta organisasi kepemudaan (Pemuda Pancasila). Kegiatan Upacara Ziarah di akhiri dengan rangkaian tabur bunga.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut yaitu penghormatan kepada arwah Pahlawan, mengheningkan cipta sebagai bentuk do’a, peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara dan pembacaan doa dengan harapan semoga para arwah para pahlawan diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan Upacara Ziarah diakhiri dengan rangkaian tabur bunga oleh peserta upacara ziarah pada makam beberapa pahlawan nasional, diantaranya Opu Daeng Risaju.

Opu Daeng Risaju adalah pejuang wanita asal Sulawesi Selatan yang menjadi Pahlawan Nasional Indonesia. Opu Daeng Risaju memiliki nama kecil Famajjah. Opu Daeng Risaju itu sendiri merupakan gelar kebangsawanan Kerajaan Luwu yang disematkan pada Famajjah yang memang merupakan anggota keluarga bangsawan Luwu.

Pada kesempatan upacara ziarah ini, Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan bahwa kegiatan upacara tersebut dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia,

“Sebagai generasi muda penerus bangsa, kita bertanggung jawab untuk meneruskan cita-cita pendahulu kita dengan tetap merawat kebhinekaan serta menjaga persatuan dan kesatuan. Sesuai tema Hari Pahlawan pada tahun ini, Pahlawanku Teladanku, mari kita teladani nilai-nilai luhur para pahlawan kita, bangun kembali semangat kejuangan kita terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk kemajuan bangsa Indonesia”, ujar AKBP Arisandi.

Komentar

Baca Juga