oleh

Gandeng Unhas Bimtek, Bupati Budiman Harapkan SAKIP Luwu Timur Lebih Baik

JURNALSULSEL.COM, LUWU TIMUR—Bupati Luwu Timur, H. Budiman, membuka Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diadakan oleh Pemkab Luwu Timur bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) Universitas Hasanuddin (UNHAS) bertempat di Aula Ebony, Hotel Gammara Makassar pada hari Kamis, (09/09/2021).

Dalam sambutan Bupati Luwu Timur, Drs. H. Budiman menyampaikan pentingnya efektifitas dan efisiensi dalam pelayanan masyarakat. Olehnya karenanya ia berharap peserta pelatihan untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini karena seyogyanya output dari Bimtek agar dapat mengaplikasikan sistem pelayanan terpadu dalam Perangkat Daerah sehingga dapat meningkatkan nilai SAKIP Kabupaten kedepan agar lebih baik lagi.

“Sesuai hasil evaluasi dan rekomendasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas SAKIP Pemerintah Kabupaten Luwu Timur Tahun 2020, perangkat daerah diminta menyusun langkah-langkah perbaikan pada masing-masing unit kerja dalam rangka peningkatan capaian akuntabilitas kinerja, sehingga apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan reformasi birokrasi serta visi misi pemerintah daerah bisa segera terwujud” jelasnya.

Lanjutnya, berdasarkan Hasil Evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, bahwasanya tingkat akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur pada tahun 2020 mendapatkan hasil 61,06 yang kurang lebih masih sama pada predikat “B” di tahun 2019 yakni 60,17. Hasil evaluasi ini lebih menekankan pada penjabaran kinerja yang belum sempurna karena belum mampu menggambarkan hubungan kausalitas atau sebab akibat antar jenjang kinerja sehingga belum dapat memastikan keterkaitan antara capaian kinerja dengan kegiatan yang dilaksanakan.

Upaya menuju SAKIP berpredikat terbaik atau “A” memang bukanlah hal yang mudah, perlu ketelitian dan kecermatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga evaluasinya. Lebih penting lagi, komitmen bersama wajib dipegang teguh oleh semua perangkat daerah dalam menjalankan prinsip utama good governance yang akuntabel, transparan, partisipatif, efektif dan efisien.

Oleh karena itu, melalui Bimtek SAKIP ini, saya, berharap dapat dimanfaatkan untuk mengambil langkah-langkah korektif pada masing-masing unit kerja sehingga tercapai peningkatan akuntabilitas kinerja.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh fasilitator dan Narasumber dari Pusat Pengembangan Kebijkan Pembangunan (P2KP) Universitas Hasanuddin dan Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran sehingga bimtek ini dapat dilaksanakan.

Peserta Bimtek ini terdiri dari para Kepala OPD, Para Kasubag Perencana OPD dan Staf Bagian Organisasi Lingkup Pemerintah Kab. Luwu Timur akan mengikuti Bimtek SAKIP yang berlangsung dari 09 S/d 11 September 2021.

(hms)

Komentar

Baca Juga