Budiman Terima Bantuan Natura Sekaligus Launching E-Money dan Geopark Matano pada HUT ke-20 Lutim

JURNALSULSEL.COM, LUWU TIMUR–Bupati Luwu Timur, H. Budiman menerima bantuan natura penataan jembatan sungai Malili sekaligus melaunching E-Money yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Aslam Patonangi dan Direktur PT. Bank Sulselbar, H. Yulis Suandi pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke 20 Kabupaten Luwu Timur, yang berlangsung dalam Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lutim dalam rangka Peringatan Hari Jadi Ke 20 Tahun Lutim dengan tema “Peduli dan Menginspirasi”, di Ruang Sidang DPRD, Rabu (03/05/2023).

Pada Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin, didampingi Wakil Ketua I, Muh. Siddiq dan Wakil Ketua II, H. Usman Sadik ini, Bupati Budiman juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada Tim Penyusun Dokumen Geopark Matano sekaligus penandatanganan Prasasti Pembangunan Geopark Lutim disaksikan oleh Ketua DPRD, Wakil Ketua l dan ll DPRD Lutim serta Sekda Provinsi Sulsel.

Dalam sambutannya, Budiman mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para tokoh pemekaran Lutim yang telah mewujudkan mimpi masyarakat Luwu Timur untuk lebih maju dan sejahtera.

“Juga kepada seluruh warga masyarakat yang telah bersama-sama menjaga kenyamanan, keamanan dan ketertiban. Oleh karena itu, mari kita saling berangkulan, merapatkan barisan demi menyongsong masa depan Luwu Timur yang berkelanjutan dan lebih maju,” ajak Bupati.

Budiman mengatakan, Pemerintah Daerah Luwu Timur telah menetapkan enam tujuan, 11 sasaran dan 23 indikator serta 15 program prioritas yang terangkum dalam RPJMD Luwu Timur Tahun 2021-2026.

“Alhamdulillah, Program bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu telah terealisasi sebanyak 635 Beasiswa untuk Mahasiswa Kurang Mampu dan 5.637 Mahasiswa Berprestasi, serta 24 orang penerima Bantuan Penyelesaian Studi Jenjang S2/S3 dengan total realisasi anggaran mencapai 24,8 Miliar lebih,” jelasnya.

Demikian juga untuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK) 1 Miliar 1 desa telah mendorong berkembangnya kemandirian desa, hinggga tahun ini di Kabupaten Luwu Timur tidak lagi memiliki desa dengan kategori tertinggal.

“Untuk jaminan kesehatan masyarakat, pemerintah daerah terus berkomitmen bersama BPJS Kesehatan melalui program Universal Health Coverage (UHC) dengan jumlah kepesertaan 125.720 Jiwa dengan total realisasi anggaran sebesar Rp. 106 miliar lebih,” tambahnya.

“Dalam penyelenggaraan pemerintahan, telah tercermin dari beberapa penghargaan yang diterima dalam bentuk prestasi, baik di tingkat provinsi maupun nasional, meliputi penghargaan Kabupaten Kota Sehat, Kabupaten Peduli HAM, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama, ADIPURA, Smart Living, Pinisi Sultan Award 2021, Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, ADWI 2022, 5 terbaik Proyek Investasi “Rumput Laut Terpadu”, Instalasi Farmasi Terbaik, BKR Percontohan Terbaik dan Pengelolaan Gudang Alkon OPD KB terbaik II,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, secara virtual menyampaikan, Luwu Timur adalah salah satu wilayah yang menjadi kebanggaan Sulsel. Hal itu terbukti dari pelbagai prestasi yang diraih diusia ke 20 Tahun.

“Alhamdulillah, saat ini sudah banyak penghargaan, dan kita bersyukur bahwa Luwu Timur adalah wilayah yang sangat strategis. Sehingga, komitmen pemerintah provinsi bersama Pemda Lutim dalam memanfaatkan SDM yang ada di Lutim untuk kesejahteraan seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir, Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty beserta jajaran, Yang Mulia Datu Luwu, Sekretaris Daerah dan segenap jajaran Pemda Luwu Timur, Para Tokoh Pemekaran Kab. Lutim, Mincara Burau, Macoa Bawalipu ke 61, Ketua dan Anggota KKRL, Wakil Bupati terpilih, Andi Akbar Leluasa, Manajemen PT. Vale Indonesia Tbk, para Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Kepala Desa, Organisasi Wanita se Lutim, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan, serta para hadirin yang mengikuti secara virtual.

(ikp-humas/kominfo-sp)

Komentar

Baca Juga