oleh

Bagaimana Cara Mengendalikan Hama Gudang?

JURNALSULSEL.COM – Hama atau kutu memang sangat berpengaruh terhadap komoditas pangan para petani terutama pada gudang penyimpanan yang kerap sekali hama atau kutu muncul ditambah lagi bisa merusak komoditi pangan yang ada di gudang penyimpanan.

Mengatasi masalah hama gudang memang sangat penting dan perlu di waspadai agar tidak merusak kualitas pada komoditi pangan yang baru dipanen maupun sudah dalam pengamasan siap untuk dipasarkan. Jika bahan komoditi terserang hama gudang maka itu suatu dampak yang sangat buruk bagi para petani sehingga membuat kerugian yang jumlahnya cukup besar.

Maka dari itu sangat penting bagi para petani untuk selalu menjaga gudang penyimpanan komoditi pangan dari serangan hama. Cara yang bisa anda lakukan sebelum menyimpan komoditi pangan sebaiknya anda memeriksa terlebih dahulu apakah gudang penyimpanan sudah aman dan terbebas dari hama gudang atau tidak.

Lantas bagaimana cara agar terhindar dari hama gudang? Terhindar dari hama gudang memang suatu yang sangat penting untuk dilakukan sebelum menyimpan komoditi pangan. Kami akan memberikan cara dalam pengendalian hama gudang.

Cara mengendalikan hama gudang

Hama gudang sangat berpotensi besar bagi komoditi pasalnya dapat merusak kualitas mutu pada komoditi pangan maka dari itu sebelum menyimpan komoditi pangan didalam gudang penyimpanan,  anda sebaiknya harus mengendalikan hama gudang terlebih dahulu. Berikut ini cara pengendalian hama gudang.

Sesuaikan suhu dan kelembapan diruang penyimpanan

Sebelum komoditi pangan disimpan ada baiknya mengatur suhu serta kelembapan didalam gudang penyimpanan. suhu dan kelembapan sangat berpengaruh terhadap hama gudang penyimpanan. suhu didalam ruangan penyimpanan minimal 17 derajat celcius dengan kelembapan yang rendah dengan begitu komoditi pangan anda tidak cepat membusuk dan dapat mencegah hama atau kutu berkembangbiak. Jika kelembapan dan suhu yang tinggi sangat berpotensi besar dimana akan cepat berkembang biak hama atau kutu gudang serta pembusukan komoditi pangan pun juga ikut rusak.

Jadi para petani sebaiknya menyesuaikan suhu dan kelembapan di dalam gudang penyimpanan komoditi pangan. Lakukanlah pengecekan secara berkala pada suhu dan kelembapan di dalam gudang penyimpanan.

Lakukanlah sanitasi secara berkala di gudang penyimpanan

Dalam penyimpanan komoditi pangan didalam gudang anda juga harus memastikan kebersihan diruangan penyimpanan, selain dari suhu dan kelembapan anda juga perlu melakukan kebersihan di dalam gudang. Apabila diruangan penyimpanan kotor maka dengan mudah hama atau kutu gudang dapat muncul. Lakukanlah kebersihan didalam gudang penyimpanan serta menyusun komoditi pangan secara rapi yang sesuai pada pola penyimpanan dengan begitu akan terbebas dari hama atau kutu gudang. Anda juga perlu menyiapkan fasilitas sanitasi yang lengkap didalam gudang penyimpanan.

Pastikan kondisi baik diruang penyimpanan komoditi pangan

Sebelum Menyimpan komoditi pangan di gudang ada baiknya anda perlu memastikan didalam gudang dengan kondisi yang baik dan optimal agar mencegah munculnya hama atau kutu gudang. Perlu juga untuk memberikan penyangga pada komoditi pangan yang sudah dikemas didalam karung agar tidak menyentuh secara langsung dilantai maupun di dinding, ini sangat berpengaruh agar tidak berkontak langsung dengan hama atau kutu gudang.

Selain itu anda juga perlu memastikan ventilasi dan penerangan didalam gudang penyimpanan komoditi pangan. Ventilasi dan penerangan sangat bermanfaat dan juga berpengaruh besar dengan kondisi di gudang sebab adanya ventilasi di gudang dengan mudah sinar matahari dapat masuk ini sangat berguna agar di dalam gudang tidak mudah lembab, begitu pula dengan penerangan agar cahaya dapat menerangi komoditi pangan pada saat malam hari didalam gudang untuk mencegah hama atau kutu masuk di dalam gudang penyimpanan.

Lakukan pemeriksaan secara berkala serta pengendalian hama gudang

Para petani dalam menyimpan komoditi pangan dalam gudang memang sangat dibutuhkan agar komoditi pangan anda bisa terjaga kualitasnya dan tidak mudah rusak. rajinlah memeriksa ruangan penyimpanan komoditi pangan untuk melihat apakah ada keruskan atau tidak. Jika anda menemukan salah satu komoditi pangan ada yang rusak dan kerusakannya sangat parah maka langkah yang perlu anda lakukan yaitu mengendalikan hama gudang agar tidak terlalu berkembang biak dan merusak komoditi pangan.

Pengendalian yang dibutuhkan yaitu dengan melakukan fumigasi untuk menurunkan resiko kerusakan yang di timbulkan oleh hama gudang serta menurunkan populasi dari hama atau kutu gudang.

Dengan melakukan fumigasi sebaiknya anda memilih produk yang tentunya aman diaplikasikan dan residu yang dihasilkannya juga tidak berbahaya dengan sesuai dosis yang dianjurkan. Produk terbaik bagi petani adalah Silogud yang sangat ampuh dan sudah teruji. Menggunakan Silogud 250 EC dari PT. Panca Prima Wijaya dapat memberantas segala macam jenis hama yang ada di gudang penyimpanan. (*/dirman)

Komentar

Baca Juga