oleh

Akibat Longsor Aktifitas Warga Latimojong Terhambat


LUWU, JURNALSULSEL.COM  — Jalan poros Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu kembali Longsor yang membuat warga Latimojong susah atau bahkan tidak bisa melintas.


Titik longsor terparah berada di desa Pajang dan Desa Kadundung. Jika sebelumnya jalan ini masih bisa dilalui sepeda motor, kini pejalan kakipun, tak dapat melintas.


Arwan, warga Pajang, mengatakan tingginya curah hujan, menyebabkan terjadinya longsor susulan. Material lumpur dan pohon kayu, menutup seluruh badan jalan. 


“Kepada Pemerintah dan Perwakilan rakyat di parlemen, ayo ke lokasi longsor, lihat langsung bagaimana kondisi di dua desa ini, kasihan masyarakat sudah hampir sepekan jalan longsor,” kata Arwan, Senin 10 Mei 2021.


Arwan juga menambahkan kalau banyak warga Latimojong hendak ke Belopa untuk berbelanja persiapan hari Raya Idul Fitri namun terhalang karena adanya longsor ini.


Sementara itu, Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Luwu, Usdin Iskandar saat dikonfirmasi media, mengatakan kalau penyebab terjadinya longsor yaitu karena tingginya curah hujan.


“Kemungkinan karena curah hujan yang tinggi, sehingga terjadi longsor,” ucap Usdin.


Usdin mengatakan kalau hari ini akan mengirim alat berat untuk membersihkan material longsor.


“Insya Allah hari ini alat sudah menuju lokasi longsor untuk bekerja,” ucap Usdin.


Dirinya juga mengatakan kalau Jalan Latimojong ini masih dalam tahap pemeliharaan sehingga pihak rekanan menyiapkan alat berat.


“Ada alat yang disiapkan oleh pihak rekanan di Kadundung Kecamatan Latimojong,” ungkapnya.


Dua hari sebelumnya, longsor terjadi di dua titik. Warga harus mengangkat sepeda motor beramai-rakai biar bisa melanjutkan perjalanan. Sementara kendaraan roda empat, tidak dapat melintas. Kondisi ini menyebabkan pasokan pangan ke tujuh desa di kecamatan Latimojong, tidak dapat dilakukan. 


Diketahui Jalan Latimojong ini dikerjakan oleh Dinas PUPR Kabupaten Luwu dan menelan anggaran Rp. 25 Miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Sulsel.


Jalan Latimojong ini diresmikan oleh Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu Sabtu 27 Maret 2021.


 (*)

Komentar

Baca Juga